Suzuki Perkenalkan Alto SZ-L

undefined


Suzuki Inggris baru saja memperkenalkan Alto SZ-L edisi khusus yang dipasarkan sebanyak 500 unit. SZ-L ini menggunakan basis dari varian SZ3 namun dengan kelengkapan standar lebih banyak.

Eksteriornya diberi sentuhan berupa pelek motif baru, foglamp, side moulding hitam dan mika lampu belakang yang di-emboss hitam. Sementara pada interiornya diberi shift knob, hendel pintu dan kisi AC berkelir silver. Selain harga, Alto menjadi salah satu city car Suzuki yang paling rendah emisi sekaligus hemat bbm dengan 22,9 km/liter.

READ MORE - Suzuki Perkenalkan Alto SZ-L
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Suzuki Akan Pajang R3 Concept

undefined
Untuk menyambut pengunjung IIMS 2010, gerai Suzuki akan memajang MPV konsep terbarunya, R3 yang muncul di Auto Expo 2010 di New Delhi Januari lalu. Didesain oleh Suzuki India, mobil keluarga ini dilengkapi 6 tempat duduk individual.

R3 Concept ini ditujukan untuk menjawab kebutuhan sehari-hari dari keluarga urban yang memiliki banyak aktivitas. Selain kabinnya fleksibel berkat seluruh bangkunya bisa dilipat, ruang bagasinya pun besar.  Menggunakan platform SX4 yang diperpanjang, kedua pintu sampingnya membuka secara berlawanan arah. Sehingga memudahkan pengguna untuk akses penumpang maupun barang.


Diperkirakan Maruti Suzuki akan menggunakan mesin K-Series dengan pilihan 1.200 cc atau 1.400 cc. Tapi tidak tertutup kemungkinan akan tersedia mesin diesel.

Selain mobil konsep, gerai Suzuki yang mengusung tema Unlimited Green Technology juga akan diisi produk teranyar lainnya. Seperti Splash standar maupun versi modifikasi, SX4 facelift serta Swift GT3 yang akan diluncurkan pertama kali pada event itu.
READ MORE - Suzuki Akan Pajang R3 Concept
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Suzuki Rilis Swift Baru

undefined    

Suzuki merilis hatchback terbaru ini di pabrik milik Magyar Suzuki Corporation di Esztergom, Hungaria. Sepintas Compact Hatchback ini tidak banyak perbedaan dibanding model yang digantikannya. Malah hanya seperti melakukan facelift. Namun sebenarnya cukup banyak perubahan yang diterapkan Suzuki.

Secara umum, selain desain, unsur safety, performa, pengendalian, konsumsi bbm dan emisi gas buang dibenahi. Lihat saja bentuk garis lekukan pada moncongnya. Mulai dari lampu hingga bumper depan. Bentuk kaca di pilar C juga lebih membulat.   

Bodinya lebih ringan dan lebih kaku serta lebih ramah bagi pejalan kaki berkat pembenahan desain sasis dan material. Dipadu pelebaran wheel track dan diameter pelek lebih besar memberi tingkat pengendalian lebih baik. Sementara bodi dan wheel base diperpanjang 90 mm dan 50 mm.

Berbeda dengan model yang beredar di Indonesia dan versi sebelumnya di Inggris yakni 1.300 cc, Swift terbaru ini menggunakan mesin 1.200 cc baru dengan dual VVT. Tenaga yang dihasilkan 94 dk dan torsi maksimum 118 Nm pada 4.800 rpm. Konsumsi bbm pada rute kombinasi mencapai 20,1 km/liter untuk transmisi manual, lebih hemat 2,7 km/liter dari model sebelumnya. Sedangkan mesin 1.300 cc diesel yang memberi konsumsi bbm 24,03 km/liter akan tersedia awal 2011. Sementara emisi gas buangnya sudah laik Euro5.

READ MORE - Suzuki Rilis Swift Baru
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Suzuki Splash

undefined

        Setelah beberapa kali kami mengulas debut Suzuki Splash di Tanah Air, maka tiba saatnya untuk menguji performa lengkap jagoan baru Suzuki ini.
       Dilihat dari spesifikasinya, terdapat beberapa unsur Splash yang berasal dari saudara-saudaranya sesama Suzuki. Misalnya jarak sumbu roda yang sama dengan Karimun Estilo, serta platform  yang diambil dari Swift.
       Namun secara umum, Splash memiliki desain bodi dan aplikasi mesin yang benar-benar berbeda. Dan meski bertarung di arena sama dengan Estilo, sesungguhnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memposisikan Splash sebagai pengisi celah antara Estilo dan Swift. Artinya, rasa berkendara yang ditawarkan berada di antara kedua saudaranya itu.
       Di interior, letak takometer terpisah agak jauh dari spidometer berukuran besar mampu memberi kesan tersendiri. Unik dan mengentalkan nafas sporty.  Namun bagi pengemudi yang tidak biasa, hal ini justru sedikit merepotkan dan butuh adaptasi lebih besar. 
 
       Ketika dinyalakan, mesin berkapasitas 1.197 cc ini menderum tenang dengan getaran minim.
 Di putaran awal memang biasa saja, namun selepas 2.500 rpm tenaga yang tersalur mulai  terasa  dan cukup untuk membuat Splash bergerak lincah di kepadatan lalu lintas dalam kota.      
   
       Akselerasinya termasuk lumayan. Berlari dari kondisi diam hingga 100 km/jam cuma butuh 12 detik. Sedangkan kecepatan jelajah 100 km/jam ditempuh dengan putaran mesin 2.800 rpm. Tak heran jika di rute tol konsumsi bbmnya menyentuh 17 km/liter. Sayang tubuh semampainya kerap menimbulkan body roll  ketika dipacu lebih dari 130 km/jam.
       Absennya mode pengaturan ketinggian bangku membuat pengemudi tidak leluasa menemukan posisi mengemudi yang spesifik. Untunglah layout  dasbor nan landai efektif menambah visibilitas. Asyiknya lagi, tuas persneling yang diletakkan di kolom dasbor membuat jarak antara setir dengan shifter  menjadi dekat, sehingga membuat proses perpindahan gigi berlangsung amat menyenangkan.
       Handling-nya yang akurat di kecepatan sedang mampu menghadirkan manuver yang gesit. Sepertinya pelek 15 inci berpadu ban 185/60 R15 berhasil menunjukkan kontribusinya. Namun usah khawatir jika menemukan polisi tidur atau jalan berlubang, karena guncangan tetap mampu diredam dengan lembut.
       Singkatnya, Splash menyenangkan untuk dikendarai. Karakter mobil perkotaan yang lincah masih terjaga namun dengan dimensi lebih besar. Jagoan baru Suzuki ini berhasil mengakomodasi keinginan konsumen yang menginginkan mobil di atas Karimun namun berharga lebih hemat dibanding Swift.


Suzuki Splash GL
Harga: Rp 145 juta   
Panjang/wheelbase: 3.715 mm/2.360 mm
Lebar/tinggi: 1.680 mm/1.618 mm
Mesin/kapasitas: 4 inline/1.197 cc
Tenaga maksimum: 86 dk/6.000 rpm
Torsi maksimum: 113 Nm/4.500 rpm     
Transmisi: 5-speed manual
Kapasitas tangki/bagasi/ban serep: 43 liter/178-573 liter/space saver
Bobot: 1.015 kg


0-100 km/jam    : 12,01 detik
0-60 km/jam    : 5,4 detik
60-80 km/jam    : 2,5 detik      
80-100 km/jam    : 4,0 detik
100-120 km/jam    : 4,3 detik
Pengereman (60-0 km/jam)      : 16,6 m
Konsumsi bbm tol/kombinasi/dalam kota    : 17 km/l/N/A/N/A 

First opinion
Dengan banderol Rp 145 juta untuk varian GL, Splash dirasa memiliki masa depan cerah untuk berkarier di kelasnya. Tapi lebih dari itu, PT ISI sebagai ATPM Suzuki akan menuai banyak keuntungan mengingat line-up yang tersedia kini semakin lengkap.
 
Rival
HYUNDAI i10 i-CHIC
Mesin: 1.086 cc 4 silinder, 66 dk
0-100 km/jam: 16,07 detik
Konsumsi bbm tol/kombinasi: 24/14 km/l
Harga: Rp 133,5 juta
(+): Desain modern, interior ergonomis, banyak varian
(-): Kenyamanan, fitur, akselerasi kurang kuat
  Sekilas pandang
•    Belum tersedia varian bertransmisi otomatis
•    Tersedia dalam 2 tipe: Standar dan GL
READ MORE - Suzuki Splash
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Suzuki Karimun

undefined  

Meski terlahir sebagai kendaraan perkotaan, namun desain eksterior yang kotak minimalis membuatnya terkesan kokoh. Sehingga tidak sedikit kaum adam yang menggunakannya sebagai transporter andalan.

Awalnya banyak yang meragukan kapasitas angkutnya lantaran ukurannya yang kompak. Tapi begitu masuk ke dalam kabin maka jelas terlihat bahwa akomodasi Karimun terhitung lega dibandingkan kompetitornya. Begitu juga dengan posisi mengemudi yang ergonomis menjadikannya semakin nyaman dipakai berkendara.

Dapur pacu yang digunakan serupa dengan Suzuki Carry 1.0, Katana dan Jimny/Katana. Mesin 4 silinder segaris, 8 katup, dengan besi cor sebagai material bloknya ini telah terbukti ketangguhannya terutama pada Carry yang banyak digunakan sebagai angkutan perkotaan. Meski masih menggunakan karburator namun sistem pengapian Karimun sudah menggunakan CDI.

History
Lahir di tengah remuknya kondisi perkonomian bangsa akibat hantaman krisis moneter, membuatnya mampu menterjemahkan sense of crisis  dengan baik. Kala itu, masyarakat lebih membutuhkan kendaraan yang irit bensin dan mudah perawatannya. PT Indomobil Niaga Internasional melansirnya pertama kali pada 1999.

Di fase kedua (2001-2003), Suzuki melakukan sedikit perubahan pada Karimun. Pelek menjadi palang tiga dan semakin variatifnya pilihan warna untuk mengakomodir konsumen yang berjiwa muda.

Di masa edar 2004-2006, cukup banyak perubahan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pada bumper depan Karimun telah bertengger sepasang foglamp.  Penampilannya pun semakin manis berkat perubahan format sein depan menjadi bermika putih.

Bagian atap disematkan roof rail  yang menunjang nilai kepraktisan. Terutama bagi mereka yang kerap melakukan perjalanan jauh. Tidak itu saja, visibilitas ke belakang semakin baik dengan membesarnya dimensi spion samping.

Di buritan, kaca belakang telah dilengkapi wiper  dengan hendel pintu yang lebih panjang. Mud guard  juga diikutkan demi mengurangi cipratan kotoran ke kaca belakang maupun kendaraan sekitar. Rangkaian penyegaran tersebut bertahan hingga Karimun kotak menutup produksinya dan diganti dengan generasi selanjutnya, Karimun Estilo.
Apa yang harus diperhatikan?
GX merupakan trim  termewah di jajaran Karimun. Di pasar mobkas, selisih harganya dengan varian DX lumayan tinggi, bisa lebih dari Rp 5 juta.

Di Karimun GX, pintu depannya sudah dilengkapi power window.  Spion GX pun lebih besar ketimbang DX. Sedangkan  eksterior, GX dapat ditandai dengan tersematnya roof rail  dan foglamp  yang tidak terdapat pada Karimun DX. 
Alternatif lain
Hyundai Atoz dan KIA Visto merupakan pilihan menarik selain Karimun generasi pertama ini. Sebagai rival di kelas yang sama, perawakan ketiganya pun mirip-mirp. Hampir tak ada beda antara Visto dan Atoz – terutama dari depan - karena memang keduanya memiliki basis yang sama.

Kabin mereka tidak lebih luas di banding Karimun, namun sejak pertama diluncurkan tahun 2000, keduanya memiliki varian bertranmisi otomatis. Nilai plus bagi pemerhati kenyamanan.

Pun begitu dengan teknologi mesin, baik Atoz maupun Visto telah menganut sistem pasokan bahan bakar injeksi. Sehingga performanya lebih baik dengan konsumsi bbm yang lebih efisien.

Hal menarik lainnya, Atoz dan Visto umumnya memiliki banderol yang lebih terjangkau dibanding Karimun. Sehingga sangat akomodatif bagi mereka yang mengidamkan mobkas perkotaan dengan budget terbatas. 
Kesimpulan
Suzuki Karimun GX produksi 2004 adalah varian yang kami rekomendasikan. Perubahan yang dialami sangat signifikan dibanding produksi tahun-tahun awal. Fitur yang tersedia sudah lengkap. Tidak hanya menunjang kemewahan, namun sangat terasa di aspek fungsionalnya. 
Checklist
• Mesin
Mesin F10A terkenal sederhana namun sangat memudahkan ketika melakukan perawatan. Bila rutin melakukan pergantian oli, timing belt  dan tune-up  maka performanya akan selalu optimal. Mesin yang sehat terlihat dari tidak adanya rembesan oli di sekitar mesin dan asapnya tak berwarna putih ataupun hitam.

• Setir
Karimun sudah menggunakan electric power steering  (EPS), sehingga kemudinya sangat ringan dan konsumsi bbm pun lebih irit karena tidak membebankan mesin. Agar EPS selalu optimal, diperlukan arus listrik yang stabil.

Lakukan pengecekan dengan memutar setir ke kiri dan kanan ketika parkir, tambahkan pelumas jika terdengar suara-suara. Dalam kondisi yang parah, ketika berjalan lurus pun bunyi ketukan logam sudah terdengar.

•  Sasis
Karimun menggunakan sasis monokok. Untuk melihat kondisi sasisnya, perhatikan pelat di balik bumper belakang, jika pernah mengalami tabrakan parah, maka pelat ini akan terlihat penyok.

Sedang untuk bagian depan, cermati posisi radiator dan sokbreker, jika sudah tidak berada di tempat seharusnya, bearti Karimun tersebut pernah mengalami benturan hebat.

• AC
Nyalakan AC pada setelan maksimum, rasakan dingin dan tingkat embusannya. Pastikan semuanya berjalan normal. Jangan heran jika AC nya tidak terlalu dingin, karena dari barunya memang tidak sedingin Toyota Avanza atau Isuzu Panther. 

Berapa yang harus dikeluarkan?
Suzuki Karimun 1999-2002 Rp 58-67 juta
DX 2003-2005 Rp 67-75 juta
GX 2003-2006 Rp 74-83 juta
Apendi dari bengkel resmi Suzuki Kebon Jeruk
Perawatan mudah
Bagi konsumen mobkas, memelihara Karimun 'kotak' sangat menyenangkan. Perawatannya mudah dan murah, di pasar ketersediaan spare part-nya pun melimpah.


Bila Anda ‘mengambil’ Karimun yang sudah lebih dari 5 tahun atau sekitar 250 ribu km, maka disarankan untuk melakukan servis karburator. Untuk jeroan mesinnya, gantilah semua gasket,  piston berserta ring-nya. Namun bila budget Anda terbatas, cukup mengganti ring pistonnya agar mesin kembali segar dan memiliki kompresi yang bagus. Di usia 5 tahun juga disarankan untuk mengganti sokbreker, stopper dan karet-karet suspensi.    
Yang perlu diperhatikan
Kaki-kaki
Sokbreker dan ball joint  kerap bermasalah jika sering menghajar lubang. Pastikan kedua komponen itu selalu sehat demi kenyamanan dan kestabilan di jalan.

Pendingin kabin
Jika terdengar bunyi ‘cetak…cetok…’  dari kompresornya menandakan kenerjanya sudah lemah. Untuk mengatasinya perlu diganti satu set. Atau ada cara lain dengan hanya mengganti puli AC namun tetap tidak seoptimal penggantian satu set kompresor AC. 
READ MORE - Suzuki Karimun
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Suzuki Siap Luncurkan Solio

undefined

Suzuki sedang menyiapkan andalan terbarunya di segmen people carrier dengan Solio terbaru. Solio generasi pertama diperkenalkan pada 1997 dengan bodi mengotak, seperti Karimun di Indonesia.

Model terbaru kini menawarkan beberapa keunggulan dibanding model sebelumnya. Seperti konsumsi bbm lebih irit, kabin lebih luas dan juga memiliki pintu belakang geser pada kedua sisinya. Sehingga memudahkan akses bagi penumpang.


Model terbaru Solio ini masih diprioritaskan untuk pasar Jepang, dan mulai diluncurkan pada 7 Januari 2011. Ia ditujukan untuk bermain pada kelas people carrier yang lebih tinggi dan tampilannya kini terlihat dengan atap lebih tinggi.
Fiturnya pun semakin memudahkan penggunana. Seperti mekanisme pelipatan jok belakang dalam satu langkah. Namun Solio baru hanya ditawarkan dengan mesin berkapasitas 1.200 cc bensin yang mengeluarkan daya 91 dk dikombinasikan dengan transmisi CVT untuk menggerakkan roda depan. Tapi Suzuki juga akan menyediakan varian dengan sistem all wheel drive.

Mobil kompak elegan ini akan menjadi pilar utama Suzuki bersama Swift sebagai produk andalan di Jepang dan menargetkan penjualan sebanyak 12.000 unit Solio per tahun.

Suzuki belum mengumumkan harga resmi di Jepang, dan akan memberikan detail informasi harga saat menjelang peluncuran perdana di pasar domestiknya.

Sesaat setelah Suzuki mengumumkan hadirnya Solio baru ini, mereka menyatakan telah meresmikan kerjasama dengan Mitsubishi. Suzuki akan menyuplai model kompaknya bagi Mitsubishi dan akan menyuplai 800 unit Solio per bulan kepada Mitsubishi pada awal tahun depan. Hal ini mengingatkan kita di Indonesia seperti Suzuki APV dan Mitsubishi Maven.    
READ MORE - Suzuki Siap Luncurkan Solio
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Suzuki Hadirkan Splash Facelift

   

Diam-diam ternyata Suzuki telah menyiapkan model andalan, Splash, dalam bentuk yang lebih segar.  Splash Facelift ini akan dihadirkan oleh pabrikan kondang asal Jepang ini di Geneva Motor Show bulan depan bersama dengan andalan mereka lainnya seperti Swift-S Concept, Alto, Kizashi, Jimny, Grand Vitara dan SX4.

Model facelift dari Splash ini juga mengusung mesin yang sama seperti milik Swift facelift yang telah duluan masuk pasar Eropa. Yakni mesin 1.200 cc Dual VVT dengan tenaga 94 dk. Mesin ini diklaim sangat menunjang pengendalian serta ramah terhadap lingkungan karena hanya beremisi CO2 119 gr/km untuk varian bertransmisi manual.

Splash facelift juga akan hadir dalam tipe mesin 1.000 cc di Eropa. Ubahan pada interiornya meliputi penggunaan jok seperti SX4, dan khusus bagi varian bermesin 1.200 cc akan diberi pelek milik SX4 guna menambah tampilan eksterior yang semakin memikat lagi.

Jika Swift-S Concept hadir dengan maksud memperkenalkan bentuk alternatif Swift yang diberi predikat model sport kompak stylish dengan performa premium, maka Splash baru ini akan menjadi mobil kompak yang sangat pas dikendarai bagi kaum muda yang hobi berpetualang di dalam kota.

Kita tunggu saja kelengkapan detail spesifikasi dan performa model facelift ini berikut harganya yang akan dipaparkan di Jenewa.
READ MORE - Suzuki Hadirkan Splash Facelift
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS