Suzuki SX-4 Facelift

Genre crossover  boleh saja belum terlalu lama mewabah di negara kita, namun penjualannya begitu menjanjikan. Masyarakat menilai mobil jenis ini sungguh cocok dengan kondisi jalan di Indonesia, karena tetap nyaman serta halus. Dan sejak kemunculannya di 2007, Suzuki SX4 langsung tampil terlaris mengalahkan seluruh mobil jenis crossover.

Namun sang raja sadar, jika terlena bisa saja tahtanya disabet pesaing lain. Dan untuk itu di 2010 ini Suzuki berbenah diri dengan melansir minor change.  Pembenahan yang dilakukan boleh saja dikategorikan minor, tapi terlihat sudah dirancang matang oleh Suzuki demi memenuhi tuntutan konsumennya.

Dan tanpa buang waktu, usai memergoki sosoknya di edisi lalu, kini kami rebut kunci dari Suzuki untuk menjadi media Nasional pertama yang mengetesnya secara lengkap.

Fokus pengetesan kami langsung tertuju pada perubahan yang dilakukan. Dari luar, desain gril serta pelek baru cukup menyegarkan penampilan meski sepintas tak begitu kentara perbedaannya. Tapi kami sangat senang melihat proyektor HID terpampang di dalam reflektor lampunya. Dan lampu HID ini terbukti memperbaiki visibilitas di malam hari. Jarak sinar lampu lebih jauh dan terang.

Sistem audio yang sudah menjadi kelebihannya sejak kali pertama di luncurkan, kian disempurnakan. Kini SX4 terbaru mendapatkan fitur tambahan berupa slot aux-in  dan speaker midbass  di tengah dasbor. Alhasil, kita bisa mendengarkan musik berkualitas dari pemutar digital dan suara yang dihasilkan lebih dalam serta membentuk efek front staging.

Rasa di dalam mobil juga bertambah mewah berkat bubuhan krom pada ventilasi AC serta tuas pintu. Menariknya, instrumen berubah total dengan desain jauh lebih modern. On-board computer  yang tadinya ada di dasbor kini pindah ke tengah panel instrumen, membuat pemantauan konsumsi bbm lebih mudah dilakukan.

Tidak ada perubahan spesifikasi teknis di mobil ini. Artinya, segala keunggulan dan kelemahan SX4 sebelumnya tetap dibawa. Ground clearance  cukup tinggi dengan ban 16 inci tetap membuat mobil ini sigap melahap beragam jenis medan. Bantingannya memang agak keras, tapi tetap dalam koridor yang bisa ditoleransi. Kehalusan mesin dan pengendaraannya sendiri kami nilai sangat baik untuk sebuah crossover.

Kelemahan mobil ini terutama ada pada akselerasinya. Mesin 1.490 cc VVT yang diusung SX4 menelurkan tenaga 100 dk, namun terasa agak berat menghela mobil. Terlebih bila dipadukan dengan transmisi otomatis seperti pada unit tes kami. Tapi bila Anda sabar menjaga injakan gas, SX4 masih mampu menghasilkan konsumsi bbm 14,5 km/liter di jalan tol dan 10,7 km/liter di rute kombinasi.

Posisi mengemudi SX4 cukup ergonomis, dan seluruh tombol berada dalam jangkauan tangan. Kehadiran tombol pengontrol audio di setir semakin menambah kepraktisan mengendarainya. Tapi sejak dulu kami memang kurang suka dengan pilar A SX4 yang menghasilkan cukup banyak blind spot.  Sangat terasa saat menikung ke kanan di jalanan luar kota.

Tapi berita baiknya, kami dengar mobil yang akan meluncur pertengahan Mei ini berharga sama dengan sebelumnya. Tanpa kenaikan harga, artinya value for money  SX4 meningkat tajam. Meski begitu pihak Suzuki belum berani memastikan, karena saat artikel ini dibuat hal tadi masih menjadi diskusi di dalam PT Suzuki Indomobil Sales. [Fitra Eri]

Suzuki SX4 X-Over
Harga on-the-road: Rp 215 juta (estimasi)
Panjang/wheelbase: 4.135/2.500 mm
Lebar/tinggi: 1.630/1.500 mm
Mesin/kapasitas: 4 silinder/1.490 cc
Tenaga maksimum: 100 dk/6.000 rpm
Torsi maksimum: 133 Nm/4.000 rpm
Transmisi: 4-spd otomatis/FWD
Kapasitas tangki/bagasi/ban serep: 50 liter/N/A/space saver  
Bobot: 1.210 kg
0-100 km/jam: 13,7 detik
60-80 km/jam: 3,7 detik*
80-100 km/jam: 4,1 detik*
100-120 km/jam: 7,1 detik*
Pengereman 100-0 km/jam: 45,2 meter
Konsumsi bbm dalam kota tol/kombinasi: N/A/14,5/10,7 km/l
Catatan: * = kickdown

First opinion
Belum ada yang bisa menggeser SX4 dari tahtanya, dan kini posisinya diperkuat lagi oleh kehadiran model facelift.  Kesan pengendaraan versi terbaru ini tetap sama dengan pendahulunya, namun tambahan fitur membuat mobil terasa lebih modern dan mewah.
Rival

Nissan Livina X-Gear

Mesin: 1.498 cc 4 silinder, 109 dk
0-100 km/jam: 11,7 detik
Harga : Rp 192,6 juta
(+): Mesin responsif, bantingan empuk, kabin luas, pengoperasian enteng
(-): Model tak se-macho  SX4, handling  kurang tajam, minim fitur

Sekilas pandang
• Meluncur awal Mei
• Tersedia warna baru, yakni biru metalik
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment